10 Penyebab Usus Buntu pada Anak dan Gejalanya, Yuk Cari Tahu

10 Penyebab Usus Buntu pada Anak dan Gejalanya, Yuk Cari Tahu

Penyakit usus buntu bisa terjadi pada siapa saja, bahkan pada anak-anak sekalipun. Secara garis besar usus buntu terjadi karena infeksi yang terjadi pada usus buntu. Infeksi ini bisa disebabkan oleh banyak hal.

Ketika usus buntu sudah mengalami infeksi, akan muncul rasa sakit di perut bagian kanan bawah. Rasa sakit akan bertambah parah ketika perut bagian kanan bawah ditekan. Apabila tidak segera ditangani, masalah usus buntu ini bisa menjadi masalah yang serius.

Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi penyakit usus buntu ini ialah dengan operasi pengangkatan. Cara ini dilakukan apabila kondisi usus buntu sudah memburuk, namun apabila kondisi usus buntu pada anak masih menunjukkan gejala ringan, maka bisa ditangani dengan perawatan khusus.

Untuk mengetahui lebih jauh tentang penyakit usus buntu pada anak, kita harus mengetahui terlebih dahulu apa saja penyebab usus buntu. Berikut 10 penyebab usus buntu pada anak dan gejala-gejala yang harus kita ketahui untuk penanganan yang tepat.

Penyebab Usus Buntuk karena Peradangan

1. Infeksi
Infeksi di area usus buntu menjadi penyebab usus buntu yang paling umum terjadi. Infeksi ini bisa disebabkan oleh banyak hal, seperti gangguan bakteri, kuman, parasit, penyumbatan, dan berbagai masalah usus buntu lainnya. Infeksi pada usus buntu yang dibiarkan akan menyebabkan peradangan dan membuat penyakit usus buntu menjadi lebih parah.

2. Bakteri dan Kuman
Salah satu penyebab infeksi pada usus buntu adalah bakteri dan kuman yang ada di dalam usus buntu. Bakteri dan kuman akan mengalami perkembangan yang cepat, dan memicu peradangan. Perkembangan bakteri dan kuman ini dipicu oleh gangguan pada sistem saluran pencernaan.

3. Parasit
Parasit yang dibiarkan terlalu lama di saluran pencernaan dapat menyebabkan usus buntu. Parasit ini biasanya terjadi pada tinja yang menumpuk dan tidak segera dikeluarkan. Tumpukan ini akan menyumbat saluran di area usus buntu dan memicu peradangan.

Penyebab Usus Buntu Karena Penyumbatan

4.Lendir
Lendir atau mucus tidak hanya bisa ditemukan di hidung yang tersumbat atau saat batuk berdahak saja. Apabila lendir tersebut tidak segera dikeluarkan, maka dapat mempengaruhi kondisi usus buntu dan menyebabkan usus buntu tersumbat.

Karena penyumbatan inilah, usus buntu akan mengalami infeksi dan peradangan. Apabila hal ini tetap dibiarkan saja, bukan hal yang tak mungkin apabila usus buntu membusuk dan harus segera dioperasi.

5. Penyumbatan Lapisan
Penyumbatan yang terjadi pada usus buntu tidak hanya dipengaruhi oleh benda asing di luar usus buntu saja. Penyumbatan pada usus buntu juga bisa disebabkan oleh pelintiran lapisan usus buntu itu sendiri. Pelintiran ini akan menyumbat saluran usus buntu dan membuatnya mengalami infeksi.

Pada kondisi tertentu, lapisan usus buntu bisa memelintir. Seperti hantaman keras dari luar, pergerakan tubuh yang membuat perubahan lapisan usus buntu, dan lain sebagainya.

Penyebab Usus Buntu Karena Gangguan pada Usus Buntu

6. Masalah pada Usus Buntu
Penyebab usus buntu pada anak selanjutnya ialah adanya gangguan pada usus buntunya, misalnya saja lapisan dinding usus buntu berlubang. Pada kondisi ini, tinja, lendir, dan zat-zat lain yang seharusnya ada di usus buntu akan bocor dan menyebar ke dalam organ pencernaan lain.

Kondisi ini akan membuat penyakit usus buntu menjadi lebih buruk, apalagi kalau terjadi apda anak-anak. Infeksi usus buntu yang serius ini disebut dengan peritonitis, dan harus segera diobati.

7. Kekurangan Darah
Aliran darah yang lancar sangat mempengaruhi kesehatan organ tubuh. Apabila tubuh mengalami kekurangan darah dan menyebabkan aliran darah ke seluruh tubuh mengalami gangguan, maka akan membuat organ-organ tubuh mengalami gangguan juga.

Hal tersebut juga berlaku pada usus buntu, apabila usus buntu kekurangan darah, maka dapat menyebabkan usus buntu mengalami pembusukan. Inilah yang menyebabkan rasa sakit dan nyeri saat usus buntu.

Penyebab Usus Buntu karena Konsumsi Makanan

8. Makanan Pedas
Selain tujuh penyebab usus buntu di atas, masalah konsumsi makanan juga dapat memicu terjadinya usus buntu pada anak. Seperti konsumsi makanan pedas yang dapat menyumbat usus dalam waktu yang cukup lama, sehingga akan memicu peradangan di usus buntu.

Untuk mencegah penyakit usus buntu pada anak, perhatikan menu makanan yang akan dikonsumsi anak dan jangan biarkan anak mengonsumsi makanan yang terlalu pedas.

9. Konsumsi Makanan Rendah Serat
Selain makanan yang pedas, terlalu banyak mengonsumsi makanan dengan serat yang rendah juga dapat menjadi penyebab usus buntu. Serat sangat penting untuk memperlancar pencernaan, apabila tubuh kekurangan serat, maka sistem pencernaan akan mengalami gangguan dan menyebabkan penimbunan makanan di usus.

10. Tidak Mengunyah Makanan dengan Baik
Penimbunan makanan di usus dapat menjadi pemicu penyakit usus buntu. Selain disebabkan oleh kekurangan serat, menelan makanan tanpa mengunyahnya dengan baik juga dapat menyebabkan penimbunan makanan yang tidak hancur di dalam usus. Penumpukan yang terus menerus akan membuat usus buntu tersumbat dan infeksi.

Gejala Usus Buntu pada Anak

Penyebab usus buntu tersebut jangan dianggap remeh dan dibiarkan begitu saja. Apabila dibiarkan tubuh akan menunjukan gejala usus buntu yang semakin parah. Gejala usus buntu yang umum dialami oleh anak-anak berupa rasa sakit perut di bagian kanan bawah apabila ditekan, dan rasa sakit ini akan bertambah parah ketika anak bergerak, batuk, atau bersin.

Apabila sudah terlalu parah, gejala yang ditunjukkan juga akan bertambah parah, seperti kurangnya nafsu makan, demam dan menggigil, perubahan kebiasaan, diare, pembengkakan dan masalah pencernaan lainnya.

Untuk mengatasinya, orang tua bisa mengajarkan anak untuk membiasakan pola makan yang sehat dan baik. Mendidik anak untuk mengunyah makanannya dengan baik, tidak terlalu banyak makan pedas dan memperbanyak konsumsi sayur dan buah. (mut)

Sumber: Rochester Medical Center dan beberapa sumber lain

0 Komentar

Booking Online

Booking Online

Kalender

Mei 2024
S S R K J S M
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031